Arti dari Kata RUNGKAD berserta contoh penggunaannya

Bagi kalian yang aktif di media sosial terutama di aplikasi TikTok pasti sudah tidak asing dengan kata "rungkad". Kata tersebut mulai ramai dipakai di kalangan masyarakat Indonesia semenjak seorang penyanyi dangdut yang sedang naik daun yaitu Happy Asmara menggunakannya sebagai judul lagu .

Alhasil kemudian banyak masyarakat khususnya anak muda menggunakan kata rungkad baik di dalam media sosial maupun secara langsung. Namun nyatanya masih banyak dari kita yang belum mengetahui apa arti dari kata rungkad.

Rungkad artinya apa sih sebenarnya? Berikut akan coba kami jelaskan pengertian rungkad, makna, lengkap dengan contoh penggunaannya dalam kalimat sehari-hari.

Arti Kata Rungkad

Secara bahasa, kata ini berasal dari bahasa Sunda. Rungkad artinya runtuh, tumbang, hancur lebur, atau roboh.

Dalam perkembangannya pada pergaulan sehari hari, rungkad bisa juga diartikan sebagai suatu kondisi yang sedang tidak baik-baik saja, terpuruk, atau sedang menghadapi cobaan.

Maka dari itu penggunaan kata dari rungkad dapat disesuaikan dengan dua kondisi tersebut.

Contoh Penggunaan Kata Rungkad

Dalam penggunaanya, rungkad sering dikaitkan dengan seseorang yang sedang kacau atau sedang dalam kondisi sangan jatuh.

Contohnya "Dia rungkad setelah ditinggalin pacarnya" yang artinya rungkad adalah orang tersebut sedang patah hati karena hubungannya kandas,

Adalagi contoh "Usahanya rungkad karena ditipu orang" maka arti dari rungkad disini adalah usaha orang tersebut mengalami kebangkrutan.

Untuk kata rungkad dalam lirik lagu Happy Asmara "Rungkad entek-entekan, kelangan kowe sing paling tak sayang" memiliki arti yaitu "hancur sehancur hancurnya, kehilangan kamu yang paling ku sayang".

Adalagi contoh lain penggunaan kata rungkad adalah "Tangkal kalapa eta rungkad kabawa angin" yang artinya "Pohon kelapa itu tumbang terbawa angin".

Juga pada kalimat "Jalan di hareupeun imah geus rungkad lantaran loba mobil badag anu liwat" yang artinya "Jalan di depan rumah sudah rusak karena banyak mobil besar lewat".

Demikianlah tadi penjelasan kata "rungkad" yang sebagian besar berarti kacau, patah hati, hancur lebur, tumbanng atau rusak. Meski berasal dari bahasa Sunda pada awalnya, tapi pada penggunaanya sering kali dicampur dengan bahasa Indonesia atau bahkan bahasa daerah lain.